Topik sebelumnyaGo downTopik selanjutnya
avatar
IA Store Akun Terverifikasi
Join : 23.12.17
http://store.infoastronomy.org

REVIEW: Teleskop Celestron AstroMaster 130EQ

on 2/22/2018, 13:23
Teleskop, astronomi memang identik dengan teleskop. Di topik kali ini, kami akan mengulas atau me-review salah satu jenis teleskop yang cocok bagi pemula, yakni AstroMaster 130EQ keluaran pabrikan Celestron. Apa saja keunggulan dan kekurangannya?

Mari simak.

Seperti paket teleskop pada umumnya, paket teleskop ini sudah termasuk buku instruksi. Penjelasan di buku instruksi tersebut cukup mudah dipahami. Namun, karena teleskop ini dilengkapi dengan dudukan (mount) EQ atau equatorial, kemungkinan bagi Anda yang belum pernah menggunakan teleskop akan menemui kesulitan. Walau begitu, bila mengikuti instruksi, Anda pasti bisa cepat paham menggunakannya.

Berikut isi paket pada boks teleskop ini:


Dudukan equatorial dan finderscope (alat yang membantu mencari letak benda langit) bernama StarPointer merupakan elemen terbaik dari teleskop ini, yang mana keduanya akan banyak membantu saat Anda menggunakan teleskop untuk mulai mengamati benda-benda langit atau pengamatan darat. Ya, teleskop ini memiliki errect image diagonal, sehingga pemandangan yang dihasilkan tidak terbaik.

Teleskop ini termasuk dalam jenis reflektor, yakni teleskop yang memanfaatkan cermin sebagai pengumpul cahaya dari objek yang diamati. Dengan cermin optik berkualitas tinggi, pemandangan yang dihasilkan akan begitu jernih dan tajam.

Seperti namanya, AstroMaster 130, itu artinya teleskop ini memiliki aperture 130mm (5,1 inci), sebuah ukuran aperture ideal untuk teleskop pemula. Aperture tersebut yang cukup besar untuk dapat mengumpulkan jumlah cahaya yang banyak dari objek yang diamati, sehingga pemandangan akan lebih terang.

Selain itu, AstroMaster 130EQ juga dilengkapi dengan focal length 650mm dan focal ratio f/5, menjadikannya teleskop yang baik untuk astrofotografi atau memotret benda langit. Sebuah fitur yang tidak biasa ditemukan pada teleskop di kelasnya.


Gambar di atas merupakan Planet Saturnus yang diambil melalui teleskop ini, yang dipotret oleh Beto Bellini. Dilengkapi dengan dua eyepiece, yang masing-masing 20mm dan 10mm, masing-masing akan memberikan pembesara 32,5x dan 65x. Ini membantu melihat benda-benda langit mulai dari fitur permukaan Bulan secara detail, cincin Saturnus yang megah, pita atmosfer Jupiter, hingga galaksi-galaksi tetangga dan objek langit jauh lainnya.

Sementara itu, kekurangan dari teleskop ini adalah, walau ia dilengkapi tripod yang terbuat dari aluminium, pada waktu-waktu tertentu tripod tersebut akan terkesan tidak sekuat tripod teleskop pada umumnya.

Secara keseluruhan, teleskop ini adalah pilihan terbaik untuk teleskop pertama Anda.

----------

Mau beli teleskop ini? Di pasaran Indonesia, harganya berkisar mulai dari Rp6.800.000,- sampai dengan Rp7.500.000,-. Kamu bisa membeli teleskop ini di InfoAstronomy Store dengan klik di sini.

Ada pertanyaan mengenai teleskop ini? Silakan tinggalkan balasan di kolom komentar ya!
Ngamat kuy!
Topik sebelumnyaKembali Ke AtasTopik selanjutnya